Sunday, September 15, 2013

Peralatan Tempur MPASI (Part1)

Shaq udah 3,5m dan sekarang saatnya nyiapin peralatan tempur MPASI buat doi. Gw semangat banget berburu dari sekarang secara gak mau nanti kelabakan pas waktunya dateng. Lagian kalo belinya nyicil kan gak berasa banget kan boo..

Makanan Pendamping ASI atau lebih dikenal dengan nama MPASI adalah makanan yang diberikan pada bayi sebagai makanan tambahan ASI. Jai kalo MPASI yang utama masih ASI dong ya. Nah, setelah beberapa minggu ini gw bertapa bareng lappie nyari ilham akhirnya diputuskanlah bahwa MPASI Shaq bakal mengikuti aliran Food Combining. Apa itu Food Combining? Ntar deh gw jelasin dipostingan berikutnya. Ada beberapa aliran sih dalam memulai MPASI, sistemnya beda dan biasanya sih pemakaiannya di cocokin ama kondisi bayi. Shaq termasuk baby jumbo makanya gw pakein aliran Food combining. 


Gw udah niat banget bikin homemade MPASI. Kenapa? kok ngga pake bubur instan aja. Kan banyak tuh buibu yang ngasi bubur instan bayi Bayinya ndut ndut aja.. xixiix. alesan gw adalaaah.. Kalo gw ngasi bubur yang dijual renjengan itu ke Shaq itu sama aja gw kaya ngasi Shaq mie instant tiap hari. Pan sama sama instant boo. Nah, pertanyaannya, Kita yang dewasa, mau gak makan mie instan tiap hari? Kalo mau, silahkan cekokin bayi anda dengan bubur renjengan yang dijual di supermarket. Tinggal campur susu, suapin deh ke bayi. selese kan.. hehehhe.. Kalo gw pribadi.. Ogaaaaah makan mie tiap hari :D jadi, gw gak bakal ngasih Shaq bubur renjengan itu.. Hehehe.

Kepanjangan intronya, Postingan ini khusus membahas Wish List gw untuk MPASI-nya Shaq. Hayolah kita mulai saja. 

1. Feeding Set IKEA MATA


Tadinya sih ga sengaja liat review buibu di TUM.. kok kayanya lucu yaa.. Jadilah gw niat mau beliin Shaq ini. 


Key features
- Suction ring keeps the bowl in place.
- The lid is formed with room for a child's nose so it is comfortable to drink from, without leaning the head back.
- Bib with adjustable neck opening and generous pocket to catch up spills.
designer:  J Egnell/H Bodin
Weight : 0.2 kg
No Bisphenol A added.
The material in this product may be recyclable. Please check the recycling rules in your community and if recycling facilities exist in your area.
good to know
For the suction function of the plate to work, remove the soft plastic ring and put it back with the wide edge against the table top.
Adjustable neck closing opens immediately if the child gets entrapped.
Recommended for ages from 0 year.
care instructions
Dishwasher-safe in upper basket.
The bowl and mug are safe to use in microwave.
product description & measurements
Bib: Polyethylene plastic


Bowl/ Mug/ Lid/ Spoon: Polypropylene plastic

2. IKEA Pruta


Di Olshop Indonesia Harganya sekitar 120k. REncana mau ke IKEA Alexandra aja yang deket dari Harbourfront. yang di Tampines rempong bo turun naek bus. Disini nih alamatnya. Container sebanyak 17 pcs ini akan sangat berguna banget buat nyetok kubus kubusan makanan MPASI Shaq. 

317 Alexandra Road,
Singapore 159965


Key features di Pruta ini bisa di intip disini :
- A good set of basic food containers for everything from ham, cheese etc. to leftovers and individual food portions.
- Several empty food containers can be stacked inside one another to save space in your cabinets.
- The transparent jar makes it easy to find what you are looking for, regardless of where it is placed.
- Several food containers can be stacked on top of one another to save space in fridge and freezer.

Designer: IKEA of Sweden
Weight : 0.8 kg


Environment
No Bisphenol A added. Paass banget Free BPA ya.. 
The material in this product may be recyclable. Please check the recycling rules in your community and if recycling facilities exist in your area.
good to know

Comprises: 17 food savers in sizes ranging from 9x9x4 cm to 23x16x8 cm.

Care instructions
Microwave-safe; heat food up to 100°C.
Freezer-safe.
Dishwasher-safe.
Leave lid ajar while heating to release steam.

Product description & measurements
Polypropylene plastic


3. Takahi Slow Cooker

Di Harveynorman Singapore harganya SGD29 setara 250rb.. lumayan loh di Indonesia gw cek paling murah dapet 275 dan itu pun blom ongkir. xixixi. 

Harveynorman Singapore ada disini nih 

No 9 Raffles Boulevard,
Singapore 039596
#02-57 to 62
Opening Hours: 10.30am - 9.30pm
Tel: 6311 9988

Untuk yang satu ini udah lama jadi inceran gw en di Indonesia rada susah juga dapetinnya. Stok kosong melulu euy :(. Takahi ini kayanya rajanya slow cooker. Berguna banget buat working mom kaya gw. Karena bisa bikin bubur bayi lembut banget hanya dengan cemplugin bahan tanpa takut gosong. Trus masaknya kan lambat .. ya iyalah, namanya aja udah slow, jadi sbelum bobo masukin bahan bubur ke alatnya trus pagi2 udah jadi deh buburnya. Pemasakan lambat ini sangat berguna untuk menjaga gizi makanan tidak hilang. 


4. Pigeon Baby Food Maker

Gw udah cari cari yang satu ini di seantero Little Highland. Cuma ada satu baby shop yang jual dan itu juga cuma satu biji doang stoknya. Kudu buru buru dibeli nih, kemarin cuma tanya by phone ama yang bunya baby shop. Nyari di hypermarjet adanya merek Puku. Dan kayanya kalah populer bagus sama si Pigeon. Lebih banyak yang merekomendasikan Pigeon Baby Food Maker ini. Harganya setelah gw cek udah diskon jadi sekitar 220K. Lumayan sih, beda 30K sama olshop di jakarte sono. Ini berguna banget buat bikin makanan bayi. Komplit ada parutan, juicer, sampe alunya segala buat geprok gprok bahan makanan. Bentuknya compact mungil gampang dibawa kemana mana. 


MUST HAVE ITEM!!

5. Ice Cube Tray With lid

Ituloh, Tray yang biasa buat bikin es batu kotak kotak di kulkas. Nah, kalo yang ini belinya yang ada tutupnya. Gunanya untuk bikin frozen food. Frozen Food? appan lagi itu? Itu loh makanan yang dibekuin. Metoda penyimpanan makanan yang memanfaatkan freezer. Jadi cucok banget buat gw yang working mom ini. Nantilah kalo gak males udah mulai bikin frozen food, gw share lah disini. Tadi sempet jalan jalan ke toko perkakas Jepun yang ada di mall. Nemu sih Ice cube Traynya yang ada tutup, Harga variatif 27K - 32K tergantung model cube. Bahannya udah PP so aman lah ya buat bayi.si Tray ini butuh 3-4 set secara kalo mau bikin MPASI sekaligus banyak gitu.
Ice Cube Tray with lid

6.  Booster Seat/High Chair

Padahal dirumah kita blom ada meja makan lo.. qiqii. Tapi Booster seat ataupun high chair ini penting. Untuk menanamkan kedisiplinan ke anak. Kalo makan itu harus duduk bukan jalan atau gendong ksana sini. Kalo orang jaman dulu kan suka tuh, anaknya diajari makan sambil jalan nah dari referensi yang gw baca. Hal itu salah. Anak harus diajari makan sambil duduk sejak dini. So, gw putuskan kudu punya booster seat atopun high Chair ini kalo ntar udah masuk MPASI-nya Shaq. Kalo ngga punya duit, kepaksalah baby bathernya Shaq dialih fungsikan sementara. *EmakIrit*
Mupeng sama ini.
Lumayan murcee sih, di IKEA

Enaknya Booster seat bisa dibawa bawa kemana suka
7. Warmer

Udah punya yang ini. Jadi pas kemarin udah mau cuti habis, gw beli warmer buat ASIP. Biar nanny-nya Shaq gampang manasin asi buat doi. Kan bisa disetel suhunya tuh, Kalo buat ASIp 40oC. Nah kalo buat MPASI disetel di 70oC. Jadi makanannya anget. Kemarin itu gw beli 100K aja di baby shop lokal en udah dapet pouch buat manasin buburnya juga. Penggunaan relatif gampang tinggal isi aer dalemnya, setting suhu, taruh deh yang mau dipanasin diatasnya.

8. Steamer
Alias kukusan. Bisa pake dandang ato panci apapun sih sebenernya. Tapi berhubung gw punya steamernya Philips yang keren itu ya maka akan diberdayakanlah steamer gw ini. Alat keren ini gw dapetin gratis pas menang quiz di acara Dinner and Dance-nya kantor gw 2 tahun lalu. Gampang banget pakenya tapi sayang boros listrik. wkkwkwk.. Steamer dipake buat ngukus bahan bahan MPASI yang akan dijadiin frozen food. Mengukus beda loh ya dengan merebus. Kalo mau tau bedanya silahkan tanya mbah gugel. Oh iya kalo si steamer ini harganya sekitar IDR 900K.


9. Avent Container Cups With Lid

Ini dia inceran gw dari dulu. Ada 20 wadah yang bisa dipake berulang untuk nyimpen MPASI. Bisa buat nyimpen susu juga loh.. Yeayy.. Salah satu MUST HAVE ITEM juga. gw cek di ebay.com harganya sekitar 300rban tapi kekna kemarin sempet nemu di salah satu olshop lokal harganya 260rb, tapi gw lupa pulak nge-nbookmark tokonya. wkwkkwkw



10. Talenan 2 biji jadi satu khusus sayur dan satu khusus daging plus pisau. Ini beli dipasar ajalah. Gak usah jauh jauh di olshop :D

 Ya sudahlah.. Sekian dulu wish list gw,.. Semoga kecapai semua. Dompet kaga pernah selamat nih.. Nafsu banget belanjanya. wkwkkwkkw.. Nanti kalo ada yang keinget lagi baru gw update lagi postingannya. 

__,,__

No comments:

Post a Comment